Berharga Riwayat, 7 Coin Kuno Paling Tua di Dunia saat Ini

Berharga Riwayat, 7 Coin Kuno Paling Tua di Dunia saat Ini

Harga satu coinnya tidak boleh ditanyakan

Yakin tidak yakin, mengulas mengenai uang itu menarik. Bukan lantaran permasalahan nilai gantinya yang berbeda, tetapi rupanya ada narasi panjang dari pembangunan alat ganti dan perdagangan itu.

Ini dapat terlihat dari ditemukan koin-koin kuno yang berusia beberapa ratus sampai beberapa ribu tahun kemarin. Berikut koin-koin paling tua yang dulu pernah diketemukan di dunia.

Simak Juga : Cara Mendapatkan Cuan Dengan Sangat Mudah Bersama Mantap168

Coin perak Hallaton

Coin ini sebagai sisi dari harta Hallaton, tumpukan coin jaman besi Inggris yang dulu pernah diketemukan. Dari beberapa timbunan coin itu, ada satu coin Romawi yang tiba dari 211 saat sebelum Masehi. Coin itu dipandang seperti coin Romawi paling tua yang dulu pernah diketemukan di Inggris.

Dari memiliki bentuk, satu segi bermotif dewi Romawi, dan segi yang lain ialah figur kembar Castor and Pollux yang naiki kuda. Beberapa arkeolog berpendapat coin itu jadi bukti jika Inggris sebelumnya pernah berdagang dengan Romawi saat ada penguasaan Romawi di 43 tahun sesudah Masehi.

Darik Persia

Coin emas pertama kalinya dikenalkan ke Kerajaan Persia oleh Cyrus yang Agung, kaisar Persia pertama, sekitaran 546 saat sebelum Masehi. Baru saat kepimpinan Darius I, kaisar Persia ke-3 , terbentuk mekanisme mata uang.

Pada sekarang ini juga, Darius I memperkenalkan coin emas tebal dengan standard berat 8,4 gr. Coin itu diberi nama darik dan jadi standard alat ganti Kekaisaran Persia Achaemenid.

Darik benar-benar berkualitas tinggi dan punyai kemurnian emas sampai 95,83 %. Saat Alexander yang Agung sukses menginvasi Persia pada 330 saat sebelum Masehi, darik-darik dicairkan dan dibikin coin Alexander. Ini argumen kenapa coin ini langka.

Penyu Aegina

Beberapa orang Aegina kuno kerap menelusuri dan berdagang sama orang Ionia dan Lydia. Disini mereka menyaksikan coin untuk pertama kalinya. Pada era keenam saat sebelum Masehi, baru Aegina jalankan mekanisme uang dan jadi kota Yunani pertama kali yang keluarkan mekanisme itu.

Coin Aegina ialah coin pertama kali yang dipakai sebagai mata uang perdagangan internasional pada periode itu. Bentuknya gampang dikenal dengan ukir-pahatan penyu laut di satu segi dan skema persegi berlubang disebelah yang lain.

Karshapana

Banyak teori menjelaskan coin pertama India ada pada era keenam saat sebelum Masehi dan umumnya dibuat oleh Mahajanapada dari daratan Indo-Gangga. Koin-koin itu dilubangi dan disebutkan Karshpanas, Purana, atau Pana.

Karshapana tidak seperti coin secara umum. Memiliki bentuk tidak lingkaran serta lebih seperti batangan logam. Beberapa coin punyai lambang dan beberapa yang lain sekedar hanya digebukin. Untuk membuat, plat perak dipotong untuk mempunyai ukurannya yang sesuai salah satunya sudutnya dipotong.

Simak Juga : Banyak Promo Dan Bonus Menarik Yang Bisa Kalian Dapatkan Hanya Di Slot Online Terpercaya Mantap168

Ying Yuan

Coin China kuno dibuat lebih kurang dengan periode saat yang sama dengan munculnya coin pertama di barat. Diprediksi coin itu dipakai di tahun 700 saat sebelum Masehi.

Coin emas pertama ini pertama kalinya dikeluarkan oleh pemerintahan Wu saat masa peperangan antara negara. Disebutkan Ying Yuan, coin ini diprediksi datang saat periode waktu tahun 600 atau 500 saat sebelum Masehi. Dibikin dari emas, coin itu dicap dengan prasasti yang memberikan indikasi berat atau nilainya.

Hemiobol Ionia

Cyme sebagai kota yang berada di jaman Ionia kuno dengan lokasi dekat sama Lydia. Lokasi yang sama-sama bersisihan membuat beberapa orang Cyme membuat coinnya sendiri sesudah menyaksikan coin punya orang Lydia.

Coin pertama Cyme namanya Hemiobol dan punyai segi berwujud kepala kuda dan dibuat dari perak. Coin ini dipercayai sebagai salah satunya coin paling tua di dunia yang dulu pernah diketemukan di Klikslot. Diprediksi Hemiobol dipakai sekitaran tahun 600 sampai 500 saat sebelum Masehi.

Singa Lydia

Singa Lydia ialah coin yang diprediksi jadi coin paling tua di dunia yang dulu pernah diketemukan. Coin ini jadi petunjuk kebudayaan Yunani kuno dan dibuat oleh Lydia.

Munculnya coin ini dipermasalahkan. Beberapa memiliki pendapat berada di tahun 700 saat sebelum Masehi, tapi ada yang memiliki pendapat pada tahun 610—550 saat sebelum Masehi, saat pemerintah raja Alyattes.

Tersebut koin-koin paling tua yang dulu pernah diketemukan. Menyaksikan dari sejarah

mk.dewoo777@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *