Tambahkan 5 Konsumsi Ini untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Tambahkan 5 Konsumsi Ini untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan serat

Mempertahankan kesehatan gigi dan gusi tidak kalah keutamaan dengan mempertahankan kesehatan jantung. Selainnya teratur menyikat gigi minimal 2x satu hari, kita perlu memerhatikan konsumsi makanan setiap hari.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Cuan Dengan Sangat Mudah Di Okeplay777

Bukan rahasia kembali jika kebanyakan konsumsi makanan yang manis dan minuman soda akan mengakibatkan gigi gampang berlubang dan tergerus. Namun, ada bahan makanan yang baik untuk perawatan gigi dan gusi. Berita baiknya, bahan makanan ini gampang untuk diproses dan diketemukan. Kita baca bersama, yok, daftarnya!

  1. Konsumsi sayur dan buah yang mengandung serat yang tinggi

Dikutip Mouth Healthy American Dental Association (ADA), sayur dan buah yang mengandung serat yang tinggi bisa menghasilkan air liur. Peranan dari air liur untuk buang atau hilangkan tersisa makanan dan zat asam yang melekat pada gigi.

Tersisa partikel makanan dan kandungan asam yang melekat pada susunan gigi jika tidak dibikin bersih bisa mengakibatkan gigi cepat hancur. Buah-buahan yang memiliki kandungan serat kaya vitamin A dan C. Tambahan vitamin ini bisa jaga gusi supaya masih tetap sehat dan jaga enamel atau susunan luar gigi.

Contoh buah-buahan dan sayur yang memiliki kandungan serat seperti dikutip Okeplay777 ialah brokoli, buah bit, buah apel, jeruk, dan pisang. Seharusnya konsumsilah sayur dan buah berbentuk fresh, bukan produk kalengan, untuk menghindar gula tambahan.

  1. Minum teh hijau dan teh hitam

Pindah pindah minuman manis atau soda, konsumsi teh hijau atau teh hitam bagus untuk kesehatan gigi. Karena, teh hijau dan teh hitam memiliki kandungan anti-oksidan yang dibuat oleh senyawa polifenol. Senyawa ini baik untuk kesehatan gigi dan jantung.

Diambil situs University Rochester Medical Center, senyawa polifenol yang ada pada teh hijau dan teh hitam bisa membunuh atau menahan bakteri yang berkembang biak di gigi.

Manfaat lain dari teh hijau dan teh hitam untuk gigi untuk menahan kanker. Sebuah artikel ilmiah dalam jurnal Famili Medicine and Primary Care tahun 2021 mengatakan jika property anti-oksidan dalam teh hijau dan teh hitam bisa membuat perlindungan kamu dari kanker mulut.

Simak Juga : Promo Dan Bonus Menarik Yang Bisa Kalian Dapatkan Di Okeplay777

  1. Konsumsi makanan yang memiliki kandungan atau dibuat dari susu

Bahan makanan yang dibuat dari susu kaya kalsium dan vitamin D yang mana menurut situs Okeplay777 bisa menahan gigi berlubang, menambahkan produksi air liur, dan memperkuat susunan luar gigi atau enamel. Contoh makanan yang dibuat dari susu ialah yogurt dan keju.

Kalsium dapat membuat perlindungan gigi dari zat asam. Sama seperti yang telah diterangkan pada point awalnya, zat asam yang melekat pada gigi jika tidak dibikin bersih akan membuat gigi jadi hancur.

Dikutip Verywell Health, vitamin D menolong mekanisme pencernaan untuk mempernyerap kalsium dari makanan masuk ke badan. Kurangnya vitamin D bisa menyebabkan dentin (jaringan di bawah enamel) tidak sanggup untuk mengoreksi diri. Mengakibatkan, gigi jadi sakit dan berlubang.

  1. Pilih roti atau pasta yang dibuat dari beberapa bijian

Roti atau pasta yang dibuat dari beberapa bijian atau kerap disebutkan whole grain lebih bagus dibanding roti putih biasa. Mencuplik John Hopkins All Children’s Hospital, tepung yang dipakai untuk membikin roti putih dibuat dari endosperma berpati (starchy endosperm). Dalam pada itu, roti yang dibuat dari beberapa bijian memiliki kandungan semua sisi dari grain kernel hingga kandungan protein, fiber, dan vitamin semakin tinggi dibanding roti putih biasa.

Healthline mengatakan jika roti yang dibuat dari beberapa bijian memiliki kandungan semakin sedikit gula dibanding dengan roti biasa dan susah untuk dirinci. Saat kita kunyah roti biasa, air liur yang berada di dalam mulut akan merinci pati yang ada di roti jadi gula. Gula ini selanjutnya melekat pada gigi dan sela-selanya. Kandungan gula yang tinggi bisa mengakibatkan gigi berlubang dan tergerus.

  1. Konsumsi ikan yang memiliki kandungan omega-3

Ikan berminyak seperti ikan kembung memiliki banyak faedah untuk badan, terhitung untuk kesehatan gigi. Kandungan omega-3 dalam ikan berlemak bisa perkuat kesehatan gusi dan menahan infeksi gusi atau disebutkan periodontitis.

Kandungan omega-3, DHA, dan EPA dalam ikan berminyak bisa menahan inflamasi di gusi. Selainnya ikan kembung, omega-3 bisa juga didapatkan dari pangan laut yang lain seperti ikan tuna, makerel, dan sebagainya.

Lupa dalam mempertahankan kesehatan gigi akan meninggikan resiko alami penyakit lain, misalnya stroke. Masalahnya nfeksi gusi dan radang gusi bisa memacu penyakit stroke dan jantung karena bakteri yang mengakibatkan infeksi dan radang bisa menyebar masuk ke pembuluh darah selanjutnya menghancurkan pembuluh darah di jantung dan otak.

Selainnya memakai odol berfluorida dan periksakan gigi ke dokter gigi tiap enam bulan sekali, kamu perlu konsumsi minuman dan makanan yang memberikan dukungan kesehatan gigi dan gusi. Ke-5 bahan minuman dan makanan yang disebut di sini gampang untuk didapatkan dan langkah pemrosesannya pun tidak susah.

mk.dewoo777@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *