Daur Hidup Kupu-kupu yang Menarik Diketahui, Ceritakan pada Si Kecil Bun!

MANTAP168. Si Kecil termasuk anak yang selalu memperhatikan lingkungan sekitarnya ya, Bunda? Kalau begitu, mereka pasti sudah mengenal hewan kupu-kupu.

Kupu-kupu merupakan salah satu serangga dari keluarga Lepidoptera atau serangga bersayap sisik, Bunda. Kupu-kupu termasuk serangga yang paling banyak jumlah spesiesnya di dunia.

Mengutip dari Buku Pintar Hewan karya Jumanta, kupu-kupu memiliki empat sayap yang ditutupi dengan sisik kecil, Biasanya sayap kupu-kupu memiliki warna yang indah dan cemerlang.

Kaki kupu-kupu terdiri dari enam buah atau tiga pasang. Tubuhnya sendiri terbagi menjadi 3 segmen yakni kepada, dada, dan perut. Kupu-kupu juga memiliki dua antena, dua mata majemuk, dan juga belalai.

Fakta menarik kupu-kupu

Ada beberapa fakta tentang kupu-kupu yang menarik untuk diketahui nih, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya:

Kupu-kupu umumnya hidup dengan menghisap madu bunga (nektar/sari kembang). Namun, beberapa jenis kupu-kupu menyukai cairan yang diisap dari buah-buahan yang jatuh di tanah dan membusuk, daging bangkai, kotoran burung, hingga tanah basah.

Semua jenis kupu-kupu melalui tahapan hidup mulai dari telur hingga akhirnya bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.

Kupu-kupu termasuk salah satu dari sedikit jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia.

Kupu-kupu dewasa mampu hidup selama seminggu hingga setahun, tergantung jenisnya.

Kupu-kupu bisa saja bertelur sekali atau banyak setiap tahun. Jumlah keturunan setahun berbeda tergantung pada pengaruh iklimnya, Bunda.

Kupu-kupu daerah tropis mampu bertelur lebih dari sekali dalam setahun.

Telur kupu-kupu dilindungi kulit keras yang disebut khorion yang dapat melindungi telur hingga larva berkembang sepenuhnya.

Ukuran telur kupu-kupu tidak sama atau tergantung spesiesnya. Namun, semua telur kupu-kupu berbentuk bola maupun oval.

Ada sekitar 17.500 spesies jenis kupu-kupu yang ada di dunia, Bunda. Beberapa jenisnya adalah sebagai berikut:

Kupu-kupu putih

Kupu-kupu biru

Kupu-kupu skipper

Kupu-kupu swallowtail (ekor burung layang-layang), kupu-kupu terbesar dengan sayap terang dan motif berwarna-warni

Selain beberapa jenis kupu-kupu di atas, ada pula kupu-kupu brush-footed atau kaki sikat, Bunda. Nama ini diambil dari rambut di kaki depannya yang menyerupai sikat.

Sebagian besar kelompok kupu-kupu brush-footed meliputi kupu-kupu tortoiseshell dan monarch. Permukaan atas sayapnya berwarna terang, sedangkan permukaan bawahnya kusam. Jika sayapnya tertangkup, kupu-kupu ini sulit terlihat.

Kupu-kupu jenis blue morpho memiliki sayap yang besar dan berwarna biru mengkilat, Kupu-kupu ini ditemukan di hutan hujan di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Habitat kupu-kupu

Kupu-kupu bisa Bunda jumpai di seluruh dunia dari negara beriklim hangat di dekat khatulistiwa hingga daerah yang lebih dingin di dekat Arktik, di sebelah utara dan ujung paling selatan Amerika Selatan, Bunda. Namun, hewan ini tidak ditemukan di bagian dunia yang sangat dingin seperti Antartika.

Kupu-kupu tinggal di setiap habitat yang terdapat banyak bunga. Kupu-kupu juga mudah dijumpai di padang rumput, taman, hutan, bahkan sebagian kecil di lereng gunung tinggi dan puncak tebing.

Sebagian besar kupu-kupu tinggal di hutan hujan, Bunda. Daerah ini memiliki iklim yang teduh, tempat kupu-kupu sering terlihat beterbangan di tanah terbuka yang banyak cahayanya.

Beda kupu-kupu dan ngengat

Kupu-kupu dan ngengat sangat mirip, namun tetap berbeda, Bunda. Kupu-kupu mempunyai antena dengan ujung menggembung, sedangkan ngengat memiliki antena kecil atau berbulu.

Kupu-kupu biasanya terbang sepanjang hari, Bunda. Ketika hinggap, kebanyakan kupu-kupu menangkupkan sayapnya. Berbeda dengan kupu-kupu, ngengat terbang di malam hari dan sayapnya tetap mengembang ketika sedang beristirahat.

mk.dewoo777@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *